Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Selasa, 03 April 2012

MANFAAT KULIT MANGGA



-     pripun kabare dhe,sehat tho? Ning kok koyo merengkeduel gitu …mukane di tekuk…
+   Alhamdulillah apik Le….hayo iki agak bingung ngrungokno berita iki….kayanya kok ga ada yang bisa dipercaya ….sebagai masyarakat kita ini nunut manut karo sing  pegang tampuk kuasa tho…nek disuruh keselatan kita keselatan,disuruh ke utara kita ke utara……ning sakiki  bingungke ….. amburadul si A ngomong A si B ngomong B..si A nyuruh ke selatan si B nyuruh ke utara….terus sapa yang mau diikuti….
-          Lha nggih niku dhe kayak kemarin niku masalah kenaikan harga BBM....sik siji ngomong nek gak dinaike anggarannya jebol tapi sik siji meneh ngomong ora bakal jebol meskipun belum dinaikan…niku rak marahi bingung tenan ….lha wong dadi pemimpin wae kok  ga bisa ya dhe..??!!
Sebenarnya bisa mereka itu jadi pemimpin,yang ga bisa tuh jadi pemimpin yang bisa ngayomi rakyate…sebenarnya klo mereka yang pegang kuasa di negeri ini mau bukak-bukak buku tentang pemimpin yang bener yang dulu diajarkan oleh nenek moyang bangsa ini terutama  para raja-raja di tanah jawa….semua pasti senang rakyate seneng pemimpine juga seneng….
-     Lha pripun  niku??.... 
+    Etikane Kepemimpinan neng masyarakat Jowo iku dikenal dengan istilah “Hasta Brata”. Istilah iku disalin seko buku Ramayana karya Yasadipura I kiro-kiro  abad ke-18 (1729-1803 M) di keraton Surakarta.
Artine secoro etimologi, “hasta” iku  delapan, sedangkan “Brata” artinya langkah. Secara terminologis berarti delapan langkah yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam mengemban misi kepemimpinannya. Langkah-langkah tersebut mencontoh delapan watak dari benda-benda di alam yakni Bumi, Matahari, Bulan. Bintang, Api, Angin, laut, dan Air.

Bumi,
Bumi iku wataknya adalah ajeg. Sifatnya yang tegas, konstan, konsisten, dan apa adanya. Bumi menawarkan kesejahteraan bagi seluruh mahkluk hidup yang ada di atasnya. Tidak pandang bulu, tidak pilih kasih, dan tidak membeda-bedakan. Jadi Le opo sing diputuske iku untuk kesejahteraan Rakyate bukan untuk dirinya,golongan opo maneh kelompoke……..

Matahari
Matahari selalu memberi penerangan (di kala siang), kehangatan, serta energi yang merata di seluruh pelosok bumi. Energi dari cahaya matahari juga merupakan sumber energi dari seluruh kehidupan di muka bumi. Pemimpin juga harus memberi semangat, membangkitkan motivasi dan memberi kemanfaatan pengetahuan bagi orang-orang yang dipimpinnya.

Bulan
Bulan mungkin lebih berguna daripada matahari. Karena dibandingkan matahari, bulan memberi penerangan saat gelap dengan cahaya yang sejuk dan tidak menyilaukan. Pemimpin yang berwatak bulan memberi kesempatan di kala gelap, memberi kehangatan di kala susah, memberi solusi saat masalah dan menjadi penengah di tengah konflik.

Bintang
Bintang adalah penunjuk arah yang indah. Seorang pemimpin harus berwatak bintang dalam artian harus mampu menjadi panutan dan memberi petunjuk bagi orang yang dipimpinnya. Pendirian yang teguh karena tidak pernah berpindah bisa menjadi pedoman arah dalam melangkah.

Api
Api bersifat membakar. Artinya seorang pemimpin harus mampu membakar jika diperlukan. Jika terdapat resiko yang mungkin bisa merusak organisasi, kemampuan untuk merusak dan menghancurkan resiko tersebut sangat membantu untuk kelangsungan oraganisasi.

Angin
Angin adalah udara yang bergerak(ya iyalah, anak SD juga tahu). Maksudnya kalo udara itu ada di mana saja. Dan angin itu ringan bergerak ke mana aja. Jadi pemimpin itu, meskipun mungkin kehadiran seorang pemimpin tidak disadari, namun ada dimanapun dia dibutuhkan. Pemimpin juga tak pernah lelah bergerak dalam mengawasi orang yang dipimpinnya. Memastikan baik-baik saja dan tidak hanya mengandalkan laporan yang bisa saja direkayasa.

Laut
Laut atau samudra yang lapang, luas, menjadi muara dari banyak aliran sungai. Artinya seorang pemimpin mesti bersifat lapang dada dalam menerima banyak masalah dari anak buah. Menyikapi keanekaragaman anak buah sebagai hal yang wajar dan menanggapi dengan kacamata dan hati yang bersih.

Air
Air mengalir sampai jauh dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Meskipun wadahnya berbeda-beda, air selalu mempunyai permukaan yang datar. Artinya, pemimpin harus berwatak air yang berprinsip keadilan dan sama rata, kesamaan derajat dan kedudukan. Selain itu, sifat dasar air adalah menyucikan. Pemimpn harus bersih dan mampu membersihkan diri dan lingkungannya dari hal yang kotor dan mengotori.

Delapan watak benda-benda alam ini mampu menjadi contoh bagi seorang pemimpin dalam mengomando orang-orang yang dipimpinnya menuju tujuan organisasi…. iku wis diajarke karo mbah-mbah kita sejak akhir abad 18…cobo bandingno karo pemimpin bangso kita sing sekarang….opo ono sing mrakteke hastabrata…???

-          Lha nggih-nggih…kok yo ra ono opo wis podho lali…!!! Mungkin kini dhe karena hasta brata itu                 diajarkannya udah lama sekali maka mereka sudah lupa dhe nggih mboten??...

+    Gundulmu.. ada apa kok tumben siang2 mampir sini…..
 
-          Niki Dhe..bojo kulo niku le haid kok koyone pendarahane berlebihan,kiro2 nopo niku obate???

+    Saiki kan lagi musim Mangga…coba kamu beli mangga yang masih agak mentah,ambil kulitnya kemudian digoreng dengan minyak…nek wis mateng terus dikemil alias dimakan …dijamin ki pendarahane biso berkurang……wis kono cobonen!!!!
 
-          Nggih nuwun dhe……

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...