Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Senin, 09 Mei 2011

DAUN SIRIH UNTUK OBAT BATUK


Minggu kemarin saya sowan ke rumahnya Pakdhe saya,namun ketika ketemu bukan sambutan yang ramah ee…malah ponakanya yang guanteng ini dimarah-marah,alasane ga kasih tahu klo 2 mei yang lalu ada  peringantan  Hari Pendidikan Nasional: Hayo sopo sing ingat lha wong sudah ga ada yang peduli kok…Klo saya masih peduli tapi yaitu Lupa......jan makpleng lali tenan….
+ Karepmu itu gimana to,kok gak ngingetin PakdheMu ini klo kemarin itu ada            Hardiknas..??
-      Saya kesupen je dhe ??
Asem ki..!!! lali..? lha terus yang kamu piker itu apa? Kamu kan masih muda Le yo gak pantes kalau lupa..kalao Pakdhe ini yo pantes wong sudah tua…lha awakmu kan masih bocah kemarin mosok lali…??
-          Anu je dhe mikir utang…

Lha tambah kurang ajar to…mbokya ngomong kalau punya utang nanti kalau aku ada yo tak bayari  tapi nanti …kalau sekarang ga ada …
-          Dasar pelit dhe…!!! Inget dhe wis tuo banyaki berbuat baik….
+    Padahal HarDikNas itu penting lho Le..tanpa pendidikan yang benar bangsa ini tidak akan pernah mencapai sila ke 5 Pancasila….Para Pemimpin sekarang kelakuanya seperti ini akibat dari pendidikan yang salah waktu kecil…
-          Kok bisa Dhe….??
+    Bapak2 kita yang sekarang memegang tapuk pimpinan itu kan masa kecilnya sekitar tahun 70an Le…jaman itu lagi banyaknya orang ngajari anaknya dengan lagu anak-anak ,yang klo diperhatikan dengan seksama dan dengan sejelas-jelasnya banyak kata yang rancu,ngawur dan tidak konsisten,contehe:
 lagu balonku…  “Balonku ada lima… rupa-rupa warnanya… merah kuning kelabu… merah muda dan biru… meletus balon hijau… doooorrrr!!!”    ngerti gak kesalahane?? perhatikno warna-warna kelima balon tersebut, kenapa tiba-tiba muncul warna hijau? Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5… ayo jawab!!!….
terus lagu Bangun tidur…. “Bangun tidur ku terus mandi… tidak lupa menggosok gigi… habis mandi ku tolong ibu… membersihkan tempat tidurku…”    Iki rak ngajari anak gak bener mosok   habis mandi langsung membersihkan tempat tidur. Sehabis mandi seharusnya kan pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang…!   Ya wajar klo sekarang banyak tugas /kasus yang tidak terselesaikan wong diajare ngono...
Contoh meneh:.......Lagu Naik Kereta Api... “Naik kereta api tut..tut..tut. . siapa hendak turut… ke Bandung… Surabaya… bolehlah naik dengan percuma… ayo kawanku lekas naik… keretaku tak berhenti lama….....................”  Ini penyebab utama PT.KAI selalu rugi Le….!!! Mengajarkan anak-anak kalo sudah dewasa maunya gratis terus…. masih pake ngajak-2 temen-2nya pula…. 
Sik iki malah ngece…. “Pok ame ame… belalang kupu-kupu… siang makan nasi, kalo malam minum susu…”   Ini kan jelas lagu orang dewasa bukan lagu anak-anak …..!!!  karena yang disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, kan belum boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya cuma minum susu! Kalo siang makan nasi dan malam minum susu itu kegiatan orang dewasa….!! Yo ra Le?
Klo lagu yang ini luwih parah Le…. “Bintang kecil dilangit yg biru……..”Mosok yang bikin gak ngerti… bintang iku kan adanya waktu malem,… kalo malem langitnya kan pasti item, bukannya biru..? piker cobo….

Uhuk..ghuk..uhuh....ghuk..uhuk   aku  jadi batuk neh.. tulung ambilkan:   daun sirih 5 lembar neng halaman mburi   yo….cengkeh,kapulaga,kemukus, masing-masing 11 biji,kayu manis sejari tangan di lemari dapur….terus direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 ½ gelas angkat dan saring…minum 3 kali sehari tak jamin batuk pasti ilang……
 
Ono maneh sing diartikan kurang ajar Le… “Pada hari Minggu kuturut ayah ke kota… naik delman istimewa kududuk di muka.....”   Nah, lagu ini mengajarkan anak untuk tidak sopan to… masa duduk di muka?? harusnya duduk didepan dooong, bukan duduk dimuka orang…. Ora sopan babar blas….
Coba lagu ini…. “Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun kita…”  Klo mau tanam jagung, ngapain cangkul dalam-dalam emang mau bikin sumur?”
Dan yang paling bikin pusing lagu ini… “Aku seorang kapiten… mempunyai pedang panjang…kalo berjalan prok..prok.. prok… aku seorang kapiten!”
Perhatikno di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya…. gak konsisten, yo ra............ ????
 
Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya lagunya jadi begini…  ” aku seorang kapiten mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)… kalo berjalan prok..prok..
prok…” Nah, itu baru klop…!!! Mantaaabbb
Nek pengin cerita tentang pedangnya, harusnya dia bernyanyi : “aku seorang kapiten mempunyai pedang panjang… kalo berjalan ndul…gondal… gandul… atau srek… srek… srek…” itu baru sesuai dengan kondisi pedang panjangnya…. ya thaaa…..???

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...