Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Senin, 21 Januari 2013

KHASIAT DAUN KELOR



Sebagian dari saudara-saudara kita yang kebanjiran saat ini sudah mulai membersihkan rumahnya dari lumpur dan kotoran-kotoran lain yang ditinggalkan oleh air yang menggenangi rumahnya beberapa hari yang lalu. Banyak cerita yang dialami dari suadara,teman, family yang kemarin rumahnya kebanjiran atau terjebak banjir ketika mereka berangkat kerja….

“ Pak maaf saya hari ini ga bisa hadir ke kantor”…ini telpon dari anak buah saya yang tinggal di Jakarta…
“Mang kenapa? Tanya saya…”
“ Saya sudah sampai Tomang tapi ga bisa ngelanjutkan perjalanan, daan mogot ga bisa dilewati, saya balik arah lewat depan Trisakti tapi ternyata disitu ga bisa dilewati juga…”

Ada cerita lagi dari seorang teman yang kantornya ada di lantai 23 plaza UOB…
“ Mas mobilku kerendem..” lha kok iso??? Hanya kata itu yang keluar dari mulut saya….
“ saya dari Cilengsi jam 5 pagi sampai kantor langsung masuk baseman terus ke lantai 23,dibawah ada banjir masuk ke plaza saya ga tahu…pas tahu lantai 1 basemen sudah penuh dengan air..yo..iklaske wae..arep kepiye maneh??”…

Memang banjir yang kemarin itu menjadi hal yang luar biasa sehingga pemerintah menetapkan Jakarta tanggap darurat hingga tanggal 27 januari nanti. Apanya yang luar biasa,bukanya Jakarta sudah biasa kebanjiran?

Hal yang menjadi luar biasa adalah pusatnya kota yang dinamakan bunderan HI ikut terendam bahkan hingga 1 meter, Istana Negara rumahnya pemimpin no 1 di negeri ini pun ikut terendam, pas ada tamu Negara lagi..

Menurut orang no 1 di Jakarta banjir kali ini disebabkan oleh 3 hal:

1.      Curah hujan yang cukup tinggi sampai beberapa hari
2.      Jebolnya tanggul latuharhari
3.      Naiknya air laut atau biasa disebut ROB

Untuk kedepannya pak gubernur sudah mempunyai program agar hal ini tidak terulang lagi diantaranya, rumah2 dibantaran kali Ciliwung harus segera di pindah ke rumah2 susun,pengerukan kali-kali yang ada di jakarta, menyetujui pemindahan ibu kota ke luar Jakarta. Bahkan pemerintah pusat akan menggelontorkan 2 trilyun untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi lagi.

Menurut BMKG cuaca dan curah hujan masih akan terjadi hingga akhir Januari jadi bersiaplah mengahadapi keadaan ini..jaga kesehatan yang utama, gimana caranya?


-        Istirahat yang cukup
-       Tidak berlama-lama  terkena udara dingin atau air hujan
-       Tetap beraktifitas di dalam ruangan
-        Makan-makanan yang berserat
-        Konsumsi vitamin baik itu vitamin C maupun vitamin D

Setelah itu jagalah selelu kesehatan dengan mengkonsumsi daun kelor karena daun itu banyak mengandung khasiat untuk keehatan tubuh kita,antara lain:

1. Anti inflamasi
Kelor memiliki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya.  Dari penelitian daun kelor mamppu menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi protein tumor.
2. Menurunkan kolesterol jahat
Kelebihan kolesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stress. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.
Penelitian tentang daun kelor membuktikan, bahwa efek dari ekstrak kelor dapat sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tikus. Penelitian ini masih banyak dilakukan juga terkait peran i2 sitosterol, senyawa bio aktif yang terkandung dalam daun kelor.
3. Mengatasi Nyeri, Letih, Linu
Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

Selain itu masih banyak lagi khasiat daun kelor yang kalau kita rajin mengkonsumsinya dapat menyehatkan tubuh kita, paling tidak daya tahan kita akan meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...